Bagian yang terpenting yang lainnya dalam suatu karya ilmiah adalah adanya daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan sebuah daftar buku-buku atau sumber referensi yang dijadikan bahan rujukan dalam penulisan suatu karya ilmiah. Biasanya daftar pustaka ada di halaman paling akhir. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca tulisan kalian akan mengerti dan mengetahui dari mana saja rujukan tulisan tersebut.
Masalah yang sering kali timbul dalam penulisan daftar pustaka adalah kebingungan mengenai, urutannya. Misalkan; setelah nama penulis, apakah tahun atau judul? ATAU tulisan judul buku apakah di-italic atau tidak usah dan sebagainya.
Ms. Word mempermudah kita untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Kita hanya perlu klik lalu muncul. ~ Maunya kamu kayak gitu?... Please deh .. Ya tetap harus ada usaha Cin !!.
Sebelum 'di klik lalu muncul' kita harus membuat suatu Master List alias sebuah daftar sumber buku yang dijadikan rujukan. Nah, dari daftar inilah ketika 'kita klik, langsung muncul' terjadi. Dan kita tidak perlu mengetik langsung di lembaran Ms. Word.
Dan kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan kalau namanya ada 3 orang, gimana? ATAU setelah tahun, apakah judul atau kota terbitan terlebih dahulu?. Tidak usah ya. Cukup kalian ketik di sebuah form dalam Menu Manage sources.
Yaudah kuy.. Emm, kita bagi dua sesi ya..
Sedangkan Current List merupakan Kolom yang berisi daftar pustaka 'yang dipakai baru-baru ini'.
Baik di kolom Master ataupun Current list, semuanya bisa di delete.
Jadi, dari semua daftar pustaka yang ada di kolom Current list inilah sebuah kumpulan daftar pustaka akan muncul secara otomatis di halaman daftar pustaka karil kalian ketika kalian "klik insert".
Jadi, untuk tulisanmu yang sekarang, pilihlah mana saja daftar pustaka yang digunakan. Pilihnya dari Kumpulan Daftar pustaka di kolom Master List dengan cara Klik daftar pustakanya > Copy. Nantinya, daftar pustaka yang terpilih akan di-copy ke kolom Current List.
Dalam kasusku, aku hanya ingin mengambil daftar pustaka dari Mantan Terindah karya Zahara Putri. Jadinya, aku mengklik daftar pustaka Putri tersebut lalu klik Copy.
Jika sudah selesai dalam membuat Sources ini, klik Close.
Semoga membantu kebingungan kalian dan semoga kalian tidak bingung dengan bahasaku. See you ~
Masalah yang sering kali timbul dalam penulisan daftar pustaka adalah kebingungan mengenai, urutannya. Misalkan; setelah nama penulis, apakah tahun atau judul? ATAU tulisan judul buku apakah di-italic atau tidak usah dan sebagainya.
Ms. Word mempermudah kita untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Kita hanya perlu klik lalu muncul. ~ Maunya kamu kayak gitu?... Please deh .. Ya tetap harus ada usaha Cin !!.
Sebelum 'di klik lalu muncul' kita harus membuat suatu Master List alias sebuah daftar sumber buku yang dijadikan rujukan. Nah, dari daftar inilah ketika 'kita klik, langsung muncul' terjadi. Dan kita tidak perlu mengetik langsung di lembaran Ms. Word.
Dan kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan kalau namanya ada 3 orang, gimana? ATAU setelah tahun, apakah judul atau kota terbitan terlebih dahulu?. Tidak usah ya. Cukup kalian ketik di sebuah form dalam Menu Manage sources.
Yaudah kuy.. Emm, kita bagi dua sesi ya..
Sesi Pertama - Eksekusi di Menu References untuk Manage Sources
- Kondisinya adalah semua tulisanmu selesai atau belum selesai, ya terserahlah. Intinya sekarang niatkan akan membuat daftar pustaka.
- Klik Menu References > Tentukan Style dari daftar pustaka yang akan di gunakan dengan cara Klik tanda panah pada Style yang berada tepat di bawah Manage Sources.
- Jika sudah menentukan Style-nya alias gaya daftar pustaka yang akan digunakan, > Klik Manage Sources.
- Akan tampil Jendela Manage Souces. Disana ada dua kolom, yaitu Master List dan Current List ~~~Untuk penjelasan keduanya, baca di bawah ini yaa~~~.
- Klik New untuk membuat satu daftar pustaka. Tombol New ada di antara kolom Master List dan Current List.
- Jendela Create Source akan muncul.
- Isi semua Form yang ada sesuai dengan sumber referensi kalian. Tips untuk mengetik nama Author agar tidak salah menentukan nama Author, mana yang harus di depan dan mana yang harus di belakang, silahkan klik Edit yang ada di samping kolom Author. Sehingga, kalian akan mengisi nama author berdasarkan Form Edit Name yang sudah ditentukan, mana yang nama depan (First Name), Nama tengah (Middle Name) -kalau ada-, dan Nama terakhir (Last Name). Setelahnya klik Add > Ok.
- Form yang ada adalah form default, jadi untuk form yang lebih lengkap, kalian bisa Klik atau centang 'Show All Bibliography Fields'. Tapi form default tersebut sudah mencakup yang penting-penting kok. Tenang saja.
- Klik ok, untuk keluar dari jendela Create Source.
- ----------------- Langkah di atas belum selesai yeaa.. Langkah selanjutnya ada di bagian bawah, Jadi baca dengan teliti biar gak salah paham -------------------------
Tentang Master List dan Current List
Master List merupakan kolom yang berisi semua daftar pustaka, dari yang kalian buat kemarin, dua hari yang lalu atau yang kemarinnya kemarin. ~Ya kurang lebih begitulah.Sedangkan Current List merupakan Kolom yang berisi daftar pustaka 'yang dipakai baru-baru ini'.
Baik di kolom Master ataupun Current list, semuanya bisa di delete.
Jadi, dari semua daftar pustaka yang ada di kolom Current list inilah sebuah kumpulan daftar pustaka akan muncul secara otomatis di halaman daftar pustaka karil kalian ketika kalian "klik insert".
Jadi, untuk tulisanmu yang sekarang, pilihlah mana saja daftar pustaka yang digunakan. Pilihnya dari Kumpulan Daftar pustaka di kolom Master List dengan cara Klik daftar pustakanya > Copy. Nantinya, daftar pustaka yang terpilih akan di-copy ke kolom Current List.
Dalam kasusku, aku hanya ingin mengambil daftar pustaka dari Mantan Terindah karya Zahara Putri. Jadinya, aku mengklik daftar pustaka Putri tersebut lalu klik Copy.
Jika sudah selesai dalam membuat Sources ini, klik Close.
Sesi kedua - Halaman terakhir Tulisan kalian untuk membuat Daftar Pustaka
Setelah membuat Sources di menu References, selanjutnya adalah eksekusi di halaman terakhir untuk membuat daftar pustaka. Langkah-langkahnya adalah;
Klik Menu References > Bibliography > Insert Bibliography.
Bagaimana? Otomatis 'kan?
Komentar
Posting Komentar
Jangan lupa beri tanda centang pada kotak kecil di bagian bawah (Notify me) sebelum mengirimkan komentar agar kamu mendapatkan notifikasi jawaban dari komentarmu. ------ Jika komentarmu belum dibalas, silahkan hubungi kami di ig @catatan.safitri ... matur thankyou :)