Langsung ke konten utama

Cara Beralih Akun Instagram Biasa Ke Akun Bisnis Instagram

Bismillahirrahmanirrahiim 
Pernahkan kamu melihat sebuah akun instagram dengan tulisan berwarna abu-abu yang ada di bagian bawah nama akun instagram? Misalkan: akun instagram yang bertuliskan Blog Pribadi seperti yang ada pada gambar di bawah ini? Dari manakah tulisan tersebut? Apakah muncul dengan cara mengedit profil akun instagram lalu diketik sesuka hati? Yuk baca di bawah ini.

Cara beralih dari akun instagram biasa ke akun instagram bisnis

Pengantar Tulisan

Sebelum membahas cara beralih ke akun instagram bisnis, ada beberapa hal yang perlu aku sampaikan di tulisan ini. 

Tulisan ini dibuat dan dipublikasikan (kira-kira pada tahun 2018) sehingga dalam perjalanannya ada banyak pembaruan, termasuk pembaruan terakhir yang kamu baca kali ini (pada hari kedua bulan september 2020). Pembaruan paling awal dilakukan pada oktober 2019 yang berisikan mengenai adanya 2 jenis akun instagram yang ada pada versi saat itu. Sehingga tulisanku mengenai cara beralih ke instagram bisnis kurang relevan dengan aplikasi yang tersedia saat itu.

Kemudian seiring berjalannya waktu, muncul masalah saat seseorang beralih ke instagram bisnis. Hal ini aku ketahui saat ada beberapa pengunjung blog yang menghubungi via DM di instagram blog catatan safitri. Sehingga dari kasus tersebut tulisan ini diperbarui lagi, lagi, dan lagi. [khusus masalah ini, memang ada beberapa pembaruan].

Dan pembaruan kali ini, aku hanya ingin merapikan semua pembaruan yang sudah pernah dilakukan agar memudahkan pengunjung blog yang membaca tulisan ini. Kamu bisa melompat ke bagian tertentu dari tulisan ini dengan mengklik link yang ada di daftar isi.

Awal Mula Mengenal Akun Instagram Bisnis

Bagian ini merupakan sebuah cerita singkat bagaimana aku mengenal dia, -instagram bisnis-. Saat itu, tidak sengaja melihat sebuah akun instagram yang di bagian bawah nama akunnya terdapat keterangan singkat berwarna abu-abu. Dan saat itu juga langsung terpikirkan: apa bisa diketik sendiri yaa di menu edit profil? hehe.

Setelah diotak-atik dan mencari info melalui mesin telusur google, ternyata tulisan tersebut bukanlah hasil ketikan sendiri di menu edit profil. Melainkan sebuah keterangan mengenai akun tersebut, lebih tepatnya ia adalah akun bisnis, bukan akun instagram biasa. 

Setelahnya, langsung mengeksekusi beralih ke instagram bisnis. Saat itu akun instagram hanya ada dua jenis yaitu akun instagram biasa (yang aku gunakan dari awal memiliki akun instagram) dan akun instagram bisnis (yang ini biasanya harus melalui proses beralih dulu, dari akun instagram biasa ke instagram bisnis). Yang kemudian eksperimen itu aku tuangkan ke dalam tulisan dengan judul yang tertera di atas. 

Jenis-Jenis Akun Instagram

Sebagaimana yang aku sebutkan di atas bahwa dalam perjalannya sejak tulisan ini dipublikasikan, ada beberapa kali pembaruan tulisan salah satunya adalah mengenai jenis-jenis akun instagram.

Tulisan pertamaku mengenai cara beralih ke akun bisnis instagram dilakukan dengan praktik menggunakan aplikasi yang tersedia pada saat itu, dimana akun instagram hanya ada dua yaitu instagram biasa/pribadi dan instagram bisnis.

Kemudian, pada versi terbarunya, ternyata ada tambahan jenis lagi yaitu akun instagram kreator. Sehingga aku memperbarui tulisan ini pada 3 Oktober 2019 dengan versi aplikasi 110.0.016.119, agar pembaca tidak kebingungan saat mempraktikkan tutorialnya. Dan sesuai judul tulisan ini, tutorial yang ada pada tulisan ini dititikberatkan pada langkah-langkah untuk beralih ke akun instagram bisnis, bukan kreator.

Cara Beralih Akun Instagram Biasa Ke Akun Bisnis Instagram 

Jadi, jika kamu tertarik untuk membuat/beralih ke akun bisnis instagram, kamu bisa membaca langkah-langkahnya di bawah ini: 
  1. Buka menu profil instagram kamu 
  2. Ketuk 'Tiga garis' di pojok kanan atas >>> Pilih 'Pengaturan'
  3. Ketuk 'Akun' >>> Pilih 'Beralih ke akun profesional'
  4. Pilih Bisnis dan ketuk 'Selanjutnya' (sebagaimana yang kami sampaikan di atas, tulisan ini merupakan tutorial untuk membuat akun bisnis, bukan akun kreator)
  5. Geser dan baca 'Slide' >>> ketuk 'Lanjutkan'
  6. Pilih kategori yang tepat untuk menggambarkan pekerjaan kamu.
    1. Kamu bisa mengetikkan 'kata kunci' untuk melakukan pencarian. Atau kamu juga bisa mencari kategori dengan cara menghapus terlebih dahulu kategori yang ditampilkan, lalu ketuk 'Disarankan'.
    2. Pilihan yang tersedia antara lain: Blog pribadi, produk/layanan, seni, Musisi/band, Belanja & Ritel, Kesehatan/Kecantikan, Toko Kelontong.
  7. Ketuk 'Selanjutnya' setelah selesai memilih kategori 
  8. Isi form kontak bisnis kamu antara lain, Email, nomor telepon, dan alamat bisnis. Tapi ini bersifat 'terserah' 😅 . Artinya kamu bisa mengisinya atau tidak (tapi 'kan ini akun bisnis, jadi harus profesional dong) dan kamu juga bisa untuk tidak menampilkannya dengan mengetuk 'Jangan gunakan info kontak saya'
  9. Hubungkan ke FB. Pada tahap ini, ada dua pilihan yaitu Pilih halaman (fanspage) atau 'Jangan hubungkan ke FB sekarang). 
    1. Jika kamu memilih 'Pilih halaman' maka kamu harus menentukan fanspage mana yang akan dihubungkan dengan akun bisnis instagram tersebut, jika akun fb kamu mengelola lebih dari 1 fanspage. Tapi kamu juga bisa kok membuat halaman baru.
  10. 'Selamat datang....'. Jika muncul pop up seperti itu, berarti tutorial untuk beralih ke akun bisnis instagram sudah selesai. 
  11. Coba cek profil kamu, apakah sudah ada tulisan 'Abu-abunya' ???. Lihat tutorial 

Penyebab tidak bisa beralih ke akun instagram bisnis

Dalam perkembangannya dalam mengatasi masalah ini, aku berkesimpulan bahwa penyebab tidak bisa beralih ke akun instagram bisnis antara satu orang dengan yang lainnya tidaklah sama. Karena ketika aku mengatakan kepada pengunjung blog 1 bahwa penyebabnya adalah A, dan ketika ada pengunjung blog 2 yang juga terkendala, penyebab tersebut tidak berlaku padanya, begitu juga pada pengunjung blog yang lainnya. 

Contohnya seperti ini: ada seorang pengunjung yang bercerita bahwa dia berhasil beralih ke instagram bisnis hanya dengan mendiamkan akun instagramnya. Lucu gak? Mungkin terdengar lucu untuk menjadikan hal itu sebagai sebuah solusi. Tapi itu kenyataannya. Jika dia berhasil hanya dengan mendiamkan instagramnya, berarti penyebabnya, mungkin karena terlalu sering digunakan. 
Lalu, ada pengunjung blog lainnya yang juga terkendala saat membuat akun instagram bisnis. Dan aku sarankan untuk mendiamkan akunnya dalam beberapa waktu. Hasilnya? Dia tidak berhasil dan malah berhasil hanya dengan menghapus tautan antara akun instagram dan facebooknya..

Mengatasi masalah tidak bisa membuat akun instagram bisnis (Diperbarui pada 2 September 2020)

Awalnya aku mendapat sebuah DM dari pengunjung blog yang mengatakan bahwa dirinya tidak bisa beralih ke instagram bisnis. Katanya, saat proses beralih ke instagram bisnis tersebut tiba-tiba muncul notifikasi yang bertuliskan (kurang lebih) seperti ini: Anda telah mencapai batas untuk jumlah bisnis yang dapat anda buat saat ini. Saat itu yang terlintas di pikiranku adalah: apakah aku salah dalam membuat tutorial cara beralih ke instagram bisnis???

Setelah mencoba tenang, ternyata bukan satu orang saja yang mengirimkan hal serupa kepadaku. Akhirnya, aku makin tidak tenang dan terlintas di benak untuk menghapus tulisan ini karena takut menuliskan tutorial yang menyesatkan. Sampai akhirnya semakin banyak, semakin banyak dan semakin banyak pengunjung blog yang mengirimkan pertanyaan serupa: kenapa aku tidak bisa beralih ke instagram bisnis dan muncul notif seperti itu. 

Karenanya, aku mencoba mempraktikkan tutorialku sekali lagi dengan menggunakan akun instagram milik teman dan saudara. Tapi hasilnya, bisa beralih. Hal itu membuatku berkesimpulan, mungkin bukan tutorialnya yang salah, hehe. Dan akhirnya aku menuliskan sebuah saran paling dasar untuk mengatasi tidak bisa beralih ke akun instagram bisnis tersebut. Kusebut saran karena dari awal hingga kalimat ini ditulis, aku tidak mengetahui dengan pasti apa sebab dari masalah tersebut, kenapa muncul pop up atau notifikasi tersebut saat beralih ke akun instagram bisnis. Dan kusebut saran karena yang akan disebutkan di bawah ini pernah aku sarankan ke salah satu pengunjung blog dan hasilnya ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil hehe. Saran yang dimaksudkan yaitu:
  1. Coba keluar dari aplikasi instagram. Lalu coba membuat akun instagram bisnis lagi dari awal.
  2. Jika masih belum bisa, coba hapus cache aplikasi instagram. Lalu mulai lagi dari awal untuk membuat/beralih ke akun bisnis instagram. (Biasanya ada di "Pengaturan >>> Aplikasi >>> Pilih aplikasi instagram >>> Hapus cache") --- masing-masing ponsel berbeda cara untuk menghapus cache aplikasi. Ingat yaa, hapus cache-nya saja, bukan hapus "Data" aplikasi.
  3. Saran yang ketiga ini DENGAN PERINGATAN. Jika semua cara di atas tidak bisa membantu, coba hapus data aplikasi instagrammu. Tapi dengan catatan, kamu ingat sandi/username/email dan informasi lainnya yang digunakan untuk log in kembali ke akun instagrammu. Lalu coba untuk beralih akun ke akun ig bisnis lagi. 
Nah, itulah saran untuk mengatasi tidak bisa beralih ke akun bisnis instagram atau tidak bisa membuat akun instagram bisnis. Seperti yang kusampaikan sebelumnya, bahwa ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil dengan cara tersebut. 

Jika kamu termasuk orang yang tidak berhasil mengatasi tidak bisa beralih ke akun instagram bisnis, cobalah cek sorotan Pengumuman di instagram blog catatan safitri. Di sana sudah banyak cara yang dibagikan oleh pengunjung blog catatan safitri dalam mengatasi hal tersebut. Sekedar informasi bahwa kami sudah memiliki ijin dari pengunjung blog untuk mengunggah sebagian isi chat. Jadi, jika ada pihak yang menggunakan ulang postingan kami dan melakukan perubahan, kami tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. 

Setelah akun instagrammu berstatus instagram bisnis, kamu bisa mengembalikan instagrammu ke akun pribadi/akun instagram biasa. Caranya sangat mudah. Silahkan baca di tulisan berikut untuk memperoleh referensi tentang Cara Beralih Akun Instagram Bisnis Ke Instagram Biasa.
Semoga bermanfaat.
Jangan lupa Follow akun instagram kami @catatan.safitri, terima kasih. 

Komentar

  1. Kak saya sudah coba berkali kali tapi setelah pilih kategori gak bisa
    Gimna ya,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Kliknya di teks 'pilih kategori' kak. Bukan di lainnya. Kalo masih bingung silahkan contact kita

      Hapus
    2. 'pilih kategori' yang sebelah mana ya ?

      Hapus
    3. untuk memilih kategori, (pada tampilan laman kategori) kakak bisa mengetikkan kata kunci atau mengklik "disarankan"

      Hapus
    4. Jika akun Instagram tidak bisa beralih akun dari akun pribadi ke kreator atau bisnis,tidak perlu menghapus data atau bolak balik instal apk nya,pihak Instagram memberi shadowband kepada kita tanpa se pengetahuan kita,dan akun masih bisa digunakan, untuk kalian yang mengalami tinggal tunggu aja kurang lebih 3 hari karna saya sudah mengalami, udh bolak balik liat tutor tapi gabisa, dan sekarang alhamdulillah akun saya bisa diganti ke kreator atau bisnis lagi, sekedar tambahan semoga bermanfaat.

      Hapus
    5. Terima kasih atas informasinya

      Hapus
    6. Coba cara ini, aq barusan bisa setelah sekian lama gak berhasil. Pada pengaturan di instagram, kita hrs sambungkan dulu akun instagram dgn akun FB, aq cuma.ky gitu aja trus bisa. Silahkan dincoba semiga berhasil

      Hapus
    7. terima kasih sudah berbagi info, semoga bermanfaat bagi yang lainnya :)

      Hapus
  2. ini yang saya cari, makasih say

    BalasHapus
  3. saya kok nggak bisa beralih ke profil bisnis ya? malah muncul kalimat "anda telah mencapai batas untuk jumlah bisnis yang anda buat". ini caranya gimana? mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf kak, notifikasi tersebut muncul ketika udah di akhir proses bukan? coba ketuk 'selanjuntya'. apa masih tetap?

      Hapus
    2. Saya juga sama kk.. Setelah ketuk 'selanjutnya', hasilnya masih ttap sama.. Mohon bantuannya ka..
      Terimakasih

      Hapus
    3. silakan dicek di ig kami, @catatan.safitri.. di sana ada sorotan ig bernama Pengumuman yg berisikan cara2 utk mengatasi hal tersebut

      Hapus
  4. Ada notif udah mencapai batas gr:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan baca kembali aartikel kami kak. Kami sudah memperbarui tulisan tersebut

      Hapus
  5. Udah beberapa kali coba kok tetap gak.bisa buat beralih ke akun bisnis muncul kalimat " anda telah mencapai batas... Itu knapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini aku tidak tau kenapa kok muncul pop up seperti itu... :) tapi di artikel kami sudah ada kok caranya untuk mengatasi masalh tersebut. coba di baca kembali...

      Hapus
    2. Apa sudah bisa kembali ke akun bisnis kak sejak oktober itu? Kalo iya bagaimana caranya dan dengan jangka waktu berapa lama ya?saya baru kak

      Hapus
  6. kak akun saya masih saja mencapai batas kak tidak bisa, bagaimana ya kak:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa sudah mencoba saran2 di tulisan tersebut ?

      Hapus
  7. aku jugaa tetep gabisa udah ngelakuin cara itu ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kak. Aku juga belom tau alasannya kenapa. Tp aku udah coba tutorialnya dan bisa. Untuk masalah tersebut aku juga udah nanyak k ig, tp gk dibales 🙈

      Hapus
  8. Kak aku udah coba semua tapi kenapa tetep gak bisa dan selalu muncul kalimat"anda telah mencapai batas untuk jumlah akun bisnis yang dapat anda buat saat ini"😷

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaf kak. aku juga tidak tau kenapa beberapa pengguna instagram yang gak bisa beralih ke akun bisnis. Tapi sejauh ini aku udah coba praktik berkali-kali (bolak balik ke akun pribadi - ke akun bisnis) dan bisa kok. tapi aku juga bingung kenapa beberapa penggunaa ig ada yang gak bisa

      Hapus
  9. Assalamualaikum. Terima kasih banyak kak sudah saya coba tips nya namun masih belum bisa di akun saya. Namun saya coba logout akun yang sudah saya publik dan login lagi lalu klik profesional akun alhamdulillah berhasil. Semoga tips nya juga bisa dicoba teman-teman��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Alhamdulillah kalo emang bisa. Dan klo bersedia, kami ingin bertanya2. Silahkan DM ke ig kami, @catatan.safitri

      Hapus
  10. Balasan
    1. maaf kak. cuma itu yang bisa aku sarankan (yang tertulis di artikel)

      Hapus
    2. saya kok tetap gak tetap gak bisa ya

      Hapus
    3. Cek di ig kami, @catatan.safitri ... Di sana ada sorotan Pengumuman yg berisi beberapa cara utk mengatasi hal tsb.

      Hapus
  11. sebelumnya saya tidak bisa buat akun bisnis instagram, selalu muncul dibatasi oleh instagram bla bla bla.... setelah saya coba semua cara, saya mencoba untuk memprivate akun saya kemudian saya login ulang di instagram, kemudian membuat akun bisnis instagram (dalam keadaan akun diprivate). ternyata berhasil. semoga cara ini dapat membantu teman-teman yang masih kesulitan membuat akun bisnis instagram..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas respon & infonya kak. Semoga bisa bermanfaat untuk teman2 yg lain.

      Hapus
  12. Sekedar trik saja.
    Akun nya di private dulu lalu langsung di ubah jadi akun bisnis dalam keadaan private 90% berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas informasinya. Tapi kenapa berhasilnya 90% ??

      Hapus
  13. Punyaku pakai cara terakhir berhasil!

    BalasHapus
  14. Gan coba ganti alamat facebooknya krn sy berhasil, begitu link facebooknya st remove sy ganti dengan alamat facebook yang baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya

      Hapus
    2. Alhamdulillah Ta barakallah semua fara aku coba sampai nemu komentar ini dan alhamdulillah berhasil. Terima kasih banyak untuk informasinya

      Hapus
  15. Caranya pergi ke akun tertaut terus login ulang facebooknya pilih halamannya, dan nanti coba kembali beralih ke akun bisnis nya pasti bisa, akupun begitu langsung bisa karna coba cara di atas tetep gabisa, semoga membantu

    BalasHapus
  16. ganti email instagram nya trus ganti email di facebooknya, trus facebook hp, login dengan email baru itu, trus di ig login di email baru, nah udah gitu lu coba link ke akun bisnis, insya Allah bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berbagi info tentang masalah ini

      Hapus
  17. Bisa si buat bisnis nya tapi gada tulisan abu" nya, gmna dong??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk tulisan abu2nya, ada 2 opsi kak. jika memang tidak muncul, kemungkinan disetting untuk tdk muncul oleh kakkanya. settingan ini ada di menu edit profil > fokus pada bagian tampilan profil

      Hapus
  18. Aku ga bisa ganti akun aku setelah menautkan akun fb. Knp ya ka??

    BalasHapus
  19. Kalo akun sy ga bs dirubah ke akun professional, peringatannya : "there was a problem with the request, we:re working to fix it soon"

    Itu gmn ya? Udh berkali2 dicoba ttp aja gt

    BalasHapus
  20. Demi apapun gue udah pkk cara apapun ttp aja nggak bisa kmrn, eh ternyata ngehapus cache dipengaturan semudah itu dan bisa kembali seperti semula 😌, terimakasih infonya bermanfaat banget content nya ♥️

    BalasHapus

Posting Komentar

Jangan lupa beri tanda centang pada kotak kecil di bagian bawah (Notify me) sebelum mengirimkan komentar agar kamu mendapatkan notifikasi jawaban dari komentarmu. ------ Jika komentarmu belum dibalas, silahkan hubungi kami di ig @catatan.safitri ... matur thankyou :)

Postingan Populer

Cara Membunyikan Kembali Status Whatsapp Teman Yang Dibisukan

Mungkin kamu pernah "tidak sengaja" membisukan pembaruan status whatsapp salah satu teman/kontak whatsappmu. Atau malah kamu memang sengaja, upss.  Tapi di waktu yang lain, 'aksi' membisukan pembaruan status whatsapp teman tersebut, malah membuat kamu  merindukan pembaruan status dari si teman tersebut. iyakan? ---Diperbarui pada tanggal 31 Agustus 2020--- Jika kamu tiba-tiba merindukan pembaruan status dari si teman tersebut, kamu tidak perlu panik saat mengecek 'Tab status' ternyata status si teman menghilang dan tidak ditemukan. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk membunyikan kembali/menampilkan kembali pembaruan status whatsapp dari si teman yang sebelumnya pernah kamu bisukan.  Daftar isi Syarat Membunyikan Kembali Status Whatsapp Teman Yang Dibisukan Cara Membunyikan Kembali Status Whatsapp Teman Yang Dibisukan FAQ Mengenai Cara Membunyikan Kembali Status Whatsapp Teman Yang Dibisukan

Akibat Menonaktifkan Laporan Dibaca di Whatsapp

Saat mengirimkan sebuah pesan melalui aplikasi Whatsapp, ada tiga tanda yang berkaitan dengan pesan tersebut. Tiga tanda itu adalah satu centang berwarna abu-abu jika pesan telah terkirim tapi belum diterima oleh penerima,  dua centang abu-abu jika hanya diterima tapi belum dibaca oleh penerima, dan dua centang  berwarna biru jika telah dibaca oleh penerima. Akan tetapi, tanda-tanda tersebut -terutama dua tanda berwarna biru- tidak akan berlaku jika pemilik aplikasi menonaktifkan laporan dibaca. Kali ini aku tidak akan sharing bagaimana cara menonaktifkan laporan dibaca , tetapi aku akan sedikit sharing tentang Akibat Menonaktifkan Laporan Dibaca Di Whatsapp. Kuy.. Ada beberapa akibat yang akan kamu rasakan jika kamu menonaktifkan laporan di baca pada aplikasi whatsapp ini, yaitu: Laporan terbaca tidak terdeteksi Tentu saja ini merupakan akibat yang nomor wahid. Dengan menonaktifkan laporan dibaca, kamu tidak akan melihat centang dua berwarna biru pada pesan yang kamu kiri

Cara Membuat Orientasi Halaman Yang Beda Dalam Satu Dokumen - Landscape dan Potrait

Tentu kita sudah terbiasa dengan mengetik sebuah dokumen Ms. Word dengan format halaman yang potrait (Vertikal) saja. Dari halaman pertama sampai akhir.  Tapi bagaimana ketika kita diharuskan membuat bentuk halaman yang berbeda, misalkan halaman pertama berbentuk potrait (vertikal) sedangkan halaman kedua harus berbentuk landscape, TAPI masih dalam satu dokumen. ?? Tenang saja, bukan cuma kamu yang bingung. Aku juga pernah ~awalnya. Jadi, begini caranya membuat orientasi halaman yang berbeda dalam satu dokumen; Pilih halaman keberapa yang akan dibuat berbeda . Misalkan halaman kedua saja yang dibuat landscape. Klik pojokan menu page setup. Akan muncul jendela page setup seperti di bawah ini. Dan Mulailah mengatur seperti di bawah ini yang ditandai dengan angka berhiaskan lope-lope ~hehee.   Orientation; Pilih Landscape Apply to; Pilih this section, jika hanya halaman 'ini' saja yang akan dibuat landscape. Bagian ini sangat menentukan. Karena tanpa m

Cara Menghapus Watermark Pada Aplikasi Inshot - Gratis !

Hapus Watermark Inshot Beberapa editor video, menambahkan sebuah watermark pada hasil video yang diproduksinya, terutama pada aplikasi gratisan. Misalkan saja aplikasi editing video dan foto yang mulai booming saat ini yaitu Inshot.  Inshot merupakan salah satu aplikasi pengeditan video (dan foto) pada perangkat ponsel. Biasanya, watermark itu muncul karena kita menggunakan aplikasi yang gratisan. Ya wajar kan ya hehe .  Watermark sendiri memang sangat perlu untuk ditambahkan pada sebuah karya, apapun itu. Watermark bisa menjadi branding atau stempel 'siapa yang membuat karya tersebut'. Selain itu, watermark bisa menjadi petunjuk untuk 'siapa yang harus bertanggung jawab pada karya itu' jika karyanya menyalahi aturan.  Diperbarui pada tanggal 25 September 2019  menggunakan aplikasi Inshot Versi 1.623.259  FYI, mungkin ada yang belum sejalan dengan istilah watermark pada postingan kali ini. Coba perhatikan gambar di bawah ini tepat di pojok kanan bawah di samp

Cara Mengetahui Makna Warna Tajwid Di Aplikasi Alquran Indonesia

Tajwid Berwarna Baru baru ini aplikasi Alquran Indonesia menghadirkan fitur tajwid berwarna di dalamnya. Maksudnya, hukum tajwid yang ada ditandai dengan warna-warna yang berbeda. Hal ini tentu sangat membantu bagi yang ingin belajar atau memperbaiki bacaan alqurannya.  Diperbarui pada 19 Agustus 2020  dengan menggunakan aplikasi Al Quran Indonesia versi terbaru,  2.6.69 Ketika baru melihat tampilan ayat-ayat alquran, kita mungkin akan merasa bingung mengenai ayat-ayat alquran yang berwarna-warni. Mungkin pertanyaan yang pertama kali muncul adalah warna merah untuk hukum tajwid apa? Lalu yang hijau untuk apa?'.  Untuk kita yang masih baru mempelajari tajwid, aplikasi ini sangat membantu sebagai supplement tambahan. Tetapi masalahnya adalah kita tidak mengetahui secara langsung warna merah adalah untuk hukum tajwid apa, hijau untuk apa dan sebagainya.  Namun, jika kamu hafal atau mengerti dan paham mengenai hukum tajwid tentu akan merespon berbeda. Mungkin hanya dengan melihat ayat