Menu
"Marhaban Yaa Muharram. Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah. Lihat foto

Rahasia PDF Yang Jarang Diketahui Orang
Berikut ini daftar fitur dari PDF yang beberapa orang belum mengetahuinya. Sekalipun mengetahuinya, tidak semuanya menggunakannya.

Stamp

Fitur ini berfungsi untuk memberikan stampel dengan cara yang berbeda dari cara yang manual. Ada beberapa cara untuk memberi stampel pada dokumen PDF kalian.

Snapshot

Fitur ini berfungsi untuk menangkap layar, atau biasa kita kenal dengan sebutan screenshot (hp). 

Sign / Tanda tangan 

Apabila kalian termasuk orang yang sibuk, yang jarang berada di tempat, fitur ini patut dicoba. Ada beberapa cara untuk membubuhkan tanda tangan kalian di PDF, yaitu :

PILIH create signature.
Cara ini berarti kalian membuat tanda tangan baru melalui beberapa langkah yaitu menggambar langsung (draw sign), dari clipboard, dan import. Tapi saya sarankan, sebaiknya Import saja. Karena jika kalian memilih draw, akan sangat sulit dan kurang bagus hasil gambarnya. 

Scroll otomatis


Biasanya PDF terkenal dengan file-file berhalaman-halaman, meskipun itu  sangat bergantung dengan kebutuhan dan aktivitas yang digeluti. Biasanya saya sendiri, menggunakan file PDF untuk membaca Undang-undang yang bejibun halamannya. Tentu sangat ribet jika harus menekan mouse / panah di keyboard. Caranya seperti ini:

Baca otomatis


Nah loh??.. Emang bisa? ya bisa dong. Fitur ini bisa disebut sebagai alternatif buat kita-kita yang lebih suka mendengarkan daripada membaca sendiri. Tapi sangat disayangkan, suara yang dihasilkan masih 'berbau-bau' logat bahasa inggris. Entah memang dari 'sononya' atau pengaturan saya yang kurang bener. hehe.


0

Aplikasi Converter Semua Media [Format Factory]
Kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah aplikasi multifungsi yang wajib dimiliki. Kenapa begitu? Karena dengan satu aplikasi ini, kita bisa convert file / media apa saja. Mulai dari video dengan berbagai format, gambar, suara dll. (Lihat gambar di bawah ini): 




Misalkan, saya punya sebuah video (Mp4) tapi saya ingin mendengarkan suaranya saja, tanpa visualnya (Mp3). Jadi, caranya seperti ini:

Pertama buka aplikasi Format Factory > Pilih menu suara > Mp3.

Tambahkan file.


Pilih file pada tempat penyimpanan dan apabila sudah seperti di bawah ini, Klik mulai (angka 1). Tunggu proses sampai selesai yang ditandai dengan bunyi seperti alarm dan buka pada folder keluaran (ditandai angka 2).


--Selesai--
0

Mengubah Huruf Kecil Menjadi Kapital di Excel [Change Case]
Dalam lembar kerja microsoft excel memang tidak seperti lembar kerja pada microsoft word. Untuk menampilkan suatu fungsi, terkadang diperlukan suatu formula. Beda halnya dengan italic, bold, ataupun underline dalam excel yang sudah tersedia tombolnya. Lalu bagaimana jika kita ingin mengubah huruf dalam suatu kata/kalimat, misalkan ingin membuat judul dalam suatu file.

Caranya, secara manual mungkin kita akan menekan Caps Lock untuk membuat huruf menjadi kapital dan menekan sekali lagi untuk mengembalikan ke semula (huruf normal/kecil). Tapi sebenarnya sudah ada dan tersedia dalam lembar kerja excel suatu formula untuk hal tersebut. 

Dalam excel, untuk mengatur atau membuat suatu formula yang berkaitan dengan text sudah ada rumusnya yaitu di tab menu Formulas > Text. Nah, kali ini saya akan membagikan beberapa hal tentang itu tapi tidak semuanya.

Aturan mainnya adalah dalam hal ini saya menggunakan salah satu cara yang formal. Maksudnya tidak mengetik langsung di sheet, tapi menggunakan menu formulas.

Tab menu Formulas > Text > .......
Setelah kalimat diketik dalam kolom yang bersangkutan, maka langsung tekan Ok. Dan lihatlah hasilnya di sheet.

Jadi, mari mulaikan !

Mengubah huruf awal suatu kata menjadi kapital

Untuk mengubah huruf pertama dari suatu kata menjadi kapital dalam excel dikenal dengan formula proper.


Jika kita mengetikkan kalimat seperti itu, maka hasilnya akan seperti ini:

Mengubah huruf kapital menjadi kecil semua 







Mengubah huruf awal menjadi kapital semua


Hasilnya :

0

Membuat Hyperlink Power Point 2007
Hyperlink merupakan sebuah pintasan yang akan mengalihkan kita pada lokasi lain, file lain atau sesuatu yang ingin dituju. Dalam hal ini saya akan berbagi tentang membuat hyperlink power point. 

Di dalam power point, untuk membuat hyperlink ada beberapa cara, yaitu:

Folder


Jadi nantinya kita akan menuju suatu folder (yang telah ditentukan) ketika mengklik suatu kata / kalimat. Folder yang akan dijadikan tujuan dapat diatur sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing, alias "terserah".

Slide


Untuk cara ini, akan ada pilihan beberapa slide tujuan dalam satu file power point (sesuai dengan jumlah slide yang ada). Jadi, saat menampilkan slide ketiga dan ada teks yang di-hyperlink-kan ke slide kedelapan, maka ketika di klik kata-kata tersebut, slide otomatis pindah atau menampilkan slide kedelapan.

Dokumen baru 

Dalam hal ini, lokasi tujuan dari hyperlink merupakan sebuah dokumen power point yang baru. ada dua pilihan untuk membuatnya yaitu: 1) ketika mengetikkan nama dokumennya, akan diedit saat ini atau 2) diedit nanti.

Email

Selain dari komputer atau file folder di komputer, membuat hyperlink juga bisa dengan email.

Mari mulaikan ! [Note: Yang saya contohkan hanya antar slide]

Untuk membuat suatu hyperlink di slide PowerPoint, letakkan kursor / blok kalimat / kata-kata yang diinginkan. > klik kanan > hyperlink.



Pada gambar diatas, yang saya hyperlink adalah kata "kalimat". Jadi ketika kata itu diklik maka akan ditujukan ke slide keempat. Dan sekedar informasi, bahwa slide tulisan tersebut berada di slide 1. 

Untuk memulai atau menguji, mulaikan dengan slide show.

Setelah itu, slide (terpilih) akan showing, seperti ini. 

Apabila saya mengklik "kalimat" ketika slide show seperti itu, maka akan dialihkan ke slide 4.


Nah, kalimat / kata-kata yang di-hyperlink tidak akan bekerja selama "dia" masih belum di "play". Jadi kuncinya di situ ya..

Jadi kalau kalian masih berada di pengeditan slide, dan setelah mencoba klik kalimatnya tapi gak bisa-bisa. Jangan kesel dulu hehe. 

Sebenarnya bisa aja dibuka. Tapi dengan cara klik kanan > open hyperlink. Bukan dengan mengklik terus otomatis muncul slide target gitu, nggak. Jadi beda ya, cara memunculkan slide target. 

--sekian--
0

Membuat Template Presentasi Power Point Karya Sendiri
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Power Point yang sangat "handal" dalam hal presentasi dibandingkan dengan produk microsoft lainnya. Tentu saja, karena memang tujuan pembuatan dari Ms. Power Point memang seperti itu, khususon di bidang presentasi.
Nah, pernahkah kalian merasa bosan dengan template yang disediakan ?. Pernah kepikiran gak sih untuk membuat template kalian sendiri? .. Atau pernah kepikian gak sih untuk tampil beda dengan template yang beda ketika presentasi di kelas?
Mungkin salah satu cara paling aman untuk pertanyaan di atas adalah mendownload template Power Point (Ppt) di google. Saya tidak akan bercerita tentang situs-situs penyedia template power point di tulisan ini. Tapi, saya akan berbagi bagaimana caranya kita membuat template "ala-ala" kita sendiri. Jamin deh, makin percaya diri ketika presentasi di depan guru / dosen dan teman-teman.

Mari mulaikan ! [Note: Demo menggunakan Ppt 2007]

Buka Ms. PowerPointnya > View > Slide master. 
Nah, di slide master inilah kita akan "mengotak-atik alias memodifikasi" tampilan slide power point.

Seperti gambar diatas itulah tampilan slide master yang memiliki 12 slide / layout dimana 11 slide / layout merupakan "anakan" yang semuanya mencerminkan layout standar. Sementara 1 layout / slide (utama dan pertama) merupakan "indukan". Kenapa saya istilahkan begitu?. Karena jika memodifikasi slide / layout indukan, semua anakan (11 slide di bawahnya) akan secara otomatis mengikuti induknya. Tapi jika kita memodifikasi "anakan", indukan tidak akan terkontaminasi. Untuk membedakannya, lihat gambar di bawah ini.

Sedikit Penjelasan: 
Pada gambar 1, yang saya edit (ditambahi tanda cinta biru) merupakan layout indukan. Lihat tanda panah merah. Lalu akibatnya, layout anakan mengikuti induknya. Lihat panah kuning.

Pada gambar 2, yang saya edit adalah salah satu layout anakan. Lihat tanda panah merah. Tapi, induknya tidak terkontaminasi dan anakan-anakan lainnya juga tidak terkontaminasi. 

Akibatnya, saat kalian memodifikasi layout anakan, kalian akan memodifikasi sesuai dengan jumlah tipe layout (standar = 11 biji), dengan catatan : seandainya berkeinginan tiap tipe layout beda warna / pernak pernik. Untuk itu, perlu disesuaikan layout-layout mana saja yang akan dipakai. Dengan begitu, layout yang tidak terpakai bisa dihapus. Tapi, meski tidak dihapus, tidak akan berpengaruh juga kok, tenang aja. 

---- Penjelasan selesai----

Jika diperhatikan, tulisan 'Click to edit Master text style', biasa-biasa saja. Jika kalian ingin memodifikasinya, silahkan. Misalkan seperti ini, mulai dari font, warna dll:


Next, kalian juga bisa menambahkan "atribut apapun" di masing-masing layout. Misalkan nih, seperti ini.
Saya menambahkan sebuah gambar buku. [usahakan gambar apapun itu berformat PNG, biar kece badai].

Selain itu, tulisan 'Clik to edit Master text style' juga bisa diubah dengan kalimat "ala-ala kalian". Misal, Ketik nama mantan di sini, atau Jangan ketik apapun di sini dll.

Jangan ya, hehe. Itu contoh yang tidak baik. Misalkan itu saya mengubah teksnya dengan 'Coba tulis keinginanmu di sini !!!'.. 
So, berkreasilah. Kalian ada bakat terpendam kok, percaya diri aja !!!

Terakhir, ini paling penting. Jangan simpan dengan format lain hasil karya kece badai kalian kecuali dengan format ini, 

Yup. !!.. Karena kita lagi buat template bukan membuat file presentasi. Jangan lupa ya.. 
0

Baca Artikel Di Hp Tanpa Koneksi Internet
Sebelumnya saya pernah sharing tentang cara mencetak artikel tanpa copas,nah kali ini tidak jauh beda dengan topik tersebut. Bedanya cuma di perangkat yang dipakai.

Mari mulaikan ! (Note: Demo menggunakan aplikasi chrome)

Versi 1

Pencarian

Cari artikel apa saja di google. Nah, untuk contohnya saya mengetik supermoon di kolom pencarian google. (Efek belum bisa move on dari supermoon kemarin). Kebetulan yang saya klik adalah artikel dari Wikipedia. Nah kalau dari Wiki, jelas sangat mudah. Karena sudah tersedia tombol print (Tanda panah menghadap ke bawah). Seperti di bawah ini.

Simpan

Selanjutnya adalah muncul jendela simpan. Ada beberapa pilihan untuk menyimpannya yaitu: 2 pilihan untuk menyimpan ke cloud (Google document, Google drive) dan 1 menyimpan non cloud (Pdf).

Karena kita lagi irit kuota, jadi pilih simpan sebagai PDF dan ukuran kertasnya bisa disesuaikan.
Nah, gambar di atas merupakan pengaturan file yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan. 

klik ikon pdf dan tentukan nama serta lokasi penyimpanan. Selesai

Versi 2

Nah, bagaimana jika itu artikel yang kebanyakan tidak menyediakan tombol print? (Kecuali punya saya sih, ada tombol printnya hehe)

Untuk artikel yang tidak menyediakan tombol print, setelah menemukan artikelnya > klik titik 3 di pojok kanan atas lalu klik tanda panah yang menghadap ke bawah.

Seperti yang kalian lihat, dengan mengklik panah tersebut yang berarti sebuah link telah kalian donlot. Dengan mendapatkan link tersebut, kalian bisa membuka artikelnya selagi OFFLINE alias tanpa koneksi internet. Coba praktikkan. ! (Demo di bawah ini: artikel dari hindustantimes).

Untuk membuka link yang telah di donlot, klik titik 3 kanan atas, dan pilih download.
Setelah di klik, akan muncul jendela daftar hasil download-an. Dan pilihlah link artikel yang ingin dibaca.

Ada perbedaannya. Tentu ada. 

Pertama, Offline. 
Iulah tanda yang paling utama yang akan muncul di sebelah kiri atas browser, tepatnya disamping address bar. Macem ni, Mak cik !

Kedua, Apa adanya.
Jadi, misalkan sebelum di donlot linknya, tapi ada beberapa gambar yang masih di 'loading' dan lama banget karena koneksi le**t, ya hasilnya akan seperti itu. Intinya hasil yang didapat dari tampilan selama ada koneksi untuk loading, itulah yang akan didapat selama offline. 

0

Tentang

Hubungi Kami

Total Pageviews